5 Penyebab dan Cara Mengatasi Email dalam Antrean (Tidak terkirim)

Saat mengirim email, ada salah satu masalah yang menghantui penggunanya. Setelah dikirim, ternyata yang terjadi adalah email yang kita tulis tidak terkirim ke penerima alias email dalam antrean.

Jika email tersebut adalah email yang penting, bisa berabe bukan? Misalnya mau kirim tugas ke dosen/guru dan ternyata tidak terkirim. Apa yang terjadi? Tentu nilai tugas kita tersebut bakal 0.

Nah, untuk itu, setelah mengirim email, selalu cek apakah email kita terkirim atau tidak. Bisa jadi email yang kamu kirim masuk dalam antrean, aliast masih belum diterima penerima.

Sebenarnya, apa sih penyebab email dalam anteran ?

email dalam antrean

Penyebab Email Dalam Antrean

Kenapa email dalam antrean ? Sebenarnya, ini karena email kamu nyangkut di Outbox (menu gmail), alias masih pending dan tertahan.

Penyebab email dalam antrean ada beberapa. Mungkin salah satu dari penyebab di bawah adalah yang membuat email yang dikirim dalam antrean. Berikut penyebab-penyebabnya :

Jaringan Internet Memiliki masalah

Siapa kira jika jaringan internet yang memiliki masalah jadi salah satunya pemicu e-mail ‘nyangkut’ di Outbox? Dalam beberapa masalah, rumor ini dapat jadi permasalahan serius yang perlu selekasnya kamu selesaikan.

Ada Kekeliruan pada Tulisan Alamat E-mail

Nah, untuk yang ini umumnya cukup seringkali berlangsung sich. Kitanya sudah cemas sama persoalan software atau aplikasi, rupanya sumber permasalahan penting ialah kekeliruan tulisan alamat e-mail.

Jika semacam ini, karena itu penuntasannya benar-benar sederhana. Kamu dapat mengulang lagi tuliskan alamatnya sampai betul.

Namun, bila masih tidak dapat, kemungkinan alamat emailnya invalid alias tidak aktif atau justru tidak ada benar-benar. Silahkan verifikasi ke si penerima untuk bertanya alamat e-mail yang betul ya!

READ  Cara Mengatasi Akun FF Suspended

Data atau Cache

Data aau cache yang menumpuk biasanya membawa beberapa masalah, contohnya gmail error sementara , email tidak teririm, atau seperti yang kita bahas kali ini, email dalam antrean.

Ini karena data/cache membuat tampilan pada aplikasi gmail kamu yang sebelumnya error dalam antrean, bakal tetap error karena cache error tadi sudah tersimpan.

Server E-mail Lagi Down

Sebetulnya, insiden ini benar-benar jarang-jarang sekali ada. Tetapi bukan tidak kemungkinan insiden ini dapat berlangsung, ditambah lagi waktu traffic data sedang tinggi-tingginya digunakan, kan?

Ada banyak jalan keluar yang dapat kamu kerjakan, geng. Cara paling penting ialah menanti sampai servernya balik lagi normal seperti yang lalu.

Tetapi, bila masih masih, kamu dapat coba memakai atau menggunakan service e-mail yang lain. Tidak kalah bagus kok, yang perlu kan sampai!

Aplikasi Belum Update

Nah, jika yang ini murni 100% kekeliruanmu. Hal itu tentunya membuat kamu sadar jika memperbaharui aplikasi atau skema di HP mu sangat penting.

Selain unsur aplikasi, dapat jadi skema sinkronisasimu pada HP mu sedang memiliki masalah, geng. Tentunya jika yang ini dapat dituntaskan dengan restart (atau reboot, tetapi jika sudah sangat terpaksa sekali tidak dapat ya!).

Jika demikian, bagaimana sich langkah menangani e-mail yang dalam antrean? Dibanding kamu ingin tahu, baca penjelasan Jaka sedetailnya berikut ini!

Rejected by Sistem

Tidak jarang-jarang ada penataan automatis e-mail dimana beberapa alamat akan dipandang spam. Dapat jadi, alamat emailmu jadi diantaranya. Wah bagaimana dong?

Tenang saja. Kamu dapat mengontak yang empunya e-mail penerima untuk selekasnya melakukan perbaikan e-mail yang memiliki masalah itu.

Tetapi, ini umumnya seringkali berlangsung pada e-mail perusahaan, mengingat skemanya akan di-setting tidak akan terima e-mail di luar jam kerja, seperti hari libur atau weekend.

READ  Cara Menghapus Teman di Line

6 Cara Mengatasi Email dalam Antrean

Berikut beberapa cara mengatasi email dalam antrian :

Gunakan jaringan internet yang stabil

Internet yang buruk, membuat email jadi susah terkirim dan akhirnya membuat email masuk ke dalam outbox dan email tertahan.

Maka dari itu, saat mengirim email, gunakanlah jaringan internet yang stabil.

Pastikan Aplikasi Gmail versi terbaru

Aplikasi Gmail versi lawas memiliki bug-bug yang sudah diperbaiki di vesi terbarunya. Nah, bug ini bisa jadi memengaruhi masalah email dalam antrean ini.

Solusinya, update aplikasi gmail kamu ke versi terbarunya lewat AppStore untuk pengguna iOS dan PlayStore untuk pengguna Android.

Jika kamu ingin download format apk dari google, pastikan website aman dari virus ya!

Optimasi Sinkronisasi Akun Gmail

Cara mengatasi email dalam antrean dengan optimasi sinkronisasi akun gogole ada beberapa tahap. ikuti langkah berikut ya

  1. Masuk ke Setelan/Settings > Akun/Account > Google > (pilih akun yang bermasalah) > Hilangkan centang di Gmail > Ceklis Gmail ulang
  2. Turunkan periode waktu sinkronisasi: Gmail > Setelan/Settings > Atur Jumlah hari untuk menyinkronkan email > (batasi hingga 30 hari atau kurang dari itu)

Nah itu tadi cara optimasi sinkronisasi akun gmail.

Lakukan Trik Copot-Pasang Akun Google

Cara mengatasi email dalam antrean selatjutnya adalah dengan melakukan trik berikut ini :

  1. Copot satu per satu akun Gooogle yang ada dalam HP mu dengan cara masuk ke Setelan/Settings > Akun/Account > Google > Hapus Akun
  2. Masuk kembali ke salah satu akun terlebih dahulu dengan cara masuk ke Setelan/Settings > Akun/Account > Google

Hapus data Gmail

Agar semua cache terhapus dan maslaah hilang, cara paling gampang sebenarna adalah dengan cara hapus data gmail.

READ  12 Cara Menambahkan Banyak Link di Bio Instagram

Hapus data dalam Gmail kamu dengan cara masuk ke Setelan/Settings > Aplikasi/Application > Gmail > Hapus Data

Matikan Pembatasan Data Latar Belakang

Kamu dapat Mematikan pembatasan Data Latar Belakang dengan cara masuk ke Setelan/Settings > Data Latar Belakang > Gmail > Uncheck pada Pembatasan Data Latar Belakang

Akhir Kata

Itu tadi artikel mengenai penyebab email dalam antrean dan bagaimana cara menagatasi email dalam antrean dan tidak terkirim ke penerima. Bagikan artikel ini jikka menurutmu bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *